Pemasaran Internet atau Internet Marketing adalah segala
usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui
atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam e-pemasaran ini
berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud
dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber. Dengan
munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang
menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov,
e-society, dan lain-lain.
Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah
segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya
hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa ratusan bahkan ribuan program
mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan
alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang-orang tertentu saja.
Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar
pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian
prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting.
Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan
desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi
perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau
e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising), pemasaran
afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive
advertising), dll.
2. Perdagangan Elektronik _E-commerce
Perdagangan elektronik atau e-commerce adalah penyebaran,
pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik
seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang
dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini
sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan
transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply
chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (onlinemarketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing),
pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business,
di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi
mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan
pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan
teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat
elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya
sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada
saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan
di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik
menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang
lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat
non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar
US pada tahun 2011.
2.1. Sejarah Perkembangan e-commerce
Istilah “perdagangan elektronik” telah berubah sejalan
dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi
komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti
pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang
mempunya istilah yang lebih tepat “perdagangan web” — pembelian barang dan jasa
melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang
menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada
1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor
ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti
HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak
bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
2.2. Faktor Kunci Sukses Dalam e-commerce
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa
bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim
manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus,
struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan,
desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan
ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan
jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran
istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari
pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
2.3. Masalah e-commerce
1. Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi
pelanggan.
2. Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
2.4. Aplikasi Bisnis
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce
adalah:
• E-mail dan Messaging
• Content Management Systems
• Dokumen, spreadsheet, database
• Akunting dan sistem keuangan
• Informasi pengiriman dan pemesanan
• Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
• Sistem pembayaran domestik dan internasional
• Newsgroup
• On-line Shopping
• Conferencing
• Online Banking/internet Banking
• Product Digital/Non Digital
2.5. Perusahaan Terkenal
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay,
Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal.
2.6. Kecocokan Barang
Ada beberapa barang yang cocok dijual secara elektronik
seperti barang elektronik kecil, musik, piranti lunak, fotografi, dll. Barang
yang tidak cocok seperti barang yang memiliki rasio harga dan berat yang
rendah, barang-barang yang perlu dibaui, dipegang, dicicip, dan lain-lain.
3. E-bisnis_Bisnis Online
E-bisnis (Electronic Business, atau “E-business”) atau
Bisnis Online adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan
semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama
kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang
merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi
Internet. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan
sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan
fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan
mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan
pelanggan secara lebih baik.
Dalam penggunaan sehari-hari, e-bisnis tidak hanya
menyangkut e-dagang (perdagangan elektronik atau e-commerce) saja. Dalam hal
ini, e-dagang lebih merupakan sub bagian dari e-bisnis, sementara e-bisnis
meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik,
termasuk pemasaran Internet ( Internet Marketing ). Sebagai bagian dari
e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau
Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-dagang mempunyai
goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
Sementara itu, e-bisnis berkaitan secara menyeluruh dengan
proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic
purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan
order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama
dengan mitra bisnis. E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di
antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet,
intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
Selamat Siang.
BalasHapusSalam sukses untuk anda.
Perkenalkan nama saya Arya sebagai Business Development dari ForexMart.
Saya sangat tertarik dengan artikel anda, maka dari itu dan pada kesempatan yang baik ini saya ingin memberikan penawaran pada anda mengenai kerja sama Program Afiliasi dari ForexMart secara gratis yang dapat menguntungkan anda.
Boleh saya minta contact anda yang dapat saya hubungi?
untuk menjelaskan keuntungan, program, dan membantu anda lebih lanjut mengenai afiliasi ini. Atau anda bisa email saya di: Arya@forexmart.com / Facebook: AryaForexMart Terima Kasih.